8 Mei 2013

ILMU DAN MOTIVASI (FOR THE BETTER LIFE)



Berubah menjadi lebih baik adalah yang diinginkan oleh semua orang, karena sudah fitrah atau alamiah manusia menyukai sesuatu yang baik. Contohnya saja, semua orang bercita-cita menjadi sesuatu yang dianggapnya terbaik dalam hidupnya, misal ingin menjadi seorang guru, dokter, professor, pengusaha, petani sukses, pengemban dakwah, dan lain-lainnya, semuanya adalah yang dianggap terbaik menurut masing-masing individu.

Pertanyaan : Anda ingin menjadi apa? Apa cita-cita Anda? (take for the best one)

Berbagai cara dan upaya dilakukan untuk berubah dan meraih cita-cita (make a dream come true), namun tidak sedikit yang tidak berhasil alias gagal. Kebanyakan berhenti di tengah jalan, akhirnya bingung, mau balik tidak mungkin, mau lanjut sudah tak ada tenaga, pikiran galau dan gundah, stress…

Kira-kira mengapa kita gagal berubah? APA KURANGNYA DIRIKU INI?

Yang ke-satu adalah ilmu, memang harus kita berbekal ilmu, mau berdagang misal, harus tau cara berdagang yang benar, supaya mendapatkan laba, tau cara mendapatkan modal, tau cara memasarkan barang, dll. Atau gambaran sederhana, kalau petani tidak tau cara bertani maka 99% dapat dipastikan tanamannya tidak produktif/gagal panen. Jadi ilmu itu harus dimiliki, karena tanpa ilmu kita tidak akan tau cara berubah atau meraih cita-cita kita tadi.

Yang ke-dua adalah motivasi, pasti! Kita harus punya semangat dan motivasi baru bisa gerak. Banyak sebenarnya motivasi atau semangat, bisa dari yang terdekat dari guru, orang tua, saudara, tetangga dan teman-teman kita. Bahkan untuk mencari motivasi kita sering ikutan acara-acara motivasi dan rela lelah dan letih serta mengeluarkan biaya untuk itu, tidak sia-sia karena kita mendapatkan ilmu dan juga motivasi.

Saya yakin kebanyakan dari kita semua punya kedua-duanya, ilmu dan juga motivasi (both knowledge and motivation), karena kita semua pernah belajar baik secara formal (sekolah) atau non-formal (dari sekitar kita; keluarga, saudara, teman dan guru ngaji), jadi kita pasti punya ilmu. Motivasi juga kita pasti miliki, karena kita tidak hidup sendiri, masih ada orang yang menyayangi dan peduli dengan kita bukan? dari merekalah semangat dan motivasi kita berasal.

Maka dari itu tuntutlah ilmu sebanyak-banyaknya buat bekal kita di dunia dan akhirat. Dan tidak lupa jangan lupakan keluarga, saudara, tetangga, teman, guru dan orang-orang sekitar kita, mereka yang selalu ada ketika kita sulit dan kepada mereka kita berbagi kebahagiaan. Semoga kita bisa berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya dan berhasil meraih cita-cita yang kita inginkan.  Barakallahu fiek.. 

Wallahu'alm...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar